Sabtu, 27 Februari 2016

Membuat Rencana Masa Depan Yang Lebih Pasti

Masa depan adalah hal yang tidak jelas, absurd dan tidak pasti. Karena apapun yang kita lakukan hari ini, belum tentu bisa membuat masa depan lebih baik. Yang berusaha saja belum tentu mendapatkan yang baik, bagaimana jika mereka tidak membuat rencana masa depan sama sekali ?

Apakah Anda yakin hidup Anda akan bahagia ? Tentu saja Anda tidak berani menjamin hal tersebut. Masa depan adalah misteri, kita semua tidak tahu, karena manusia tidak dibekali untuk melihat masa depan seperti apa, yang kita mampu hanya berusaha untuk membuat rencana masa depanyang bisa membawa nasib kita jadi lebih baik lagi.


Lalu bagaimana caranya agar kita membuat masa depan kita menjadi lebih baik dari hari ini? Adakah trik khusus yang harus kita pelajari ? Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan sebelum menyusun rencana untuk kehidupan di masa mendatang.

1.     Tuliskan impian Anda

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk menyusun masa depan lebih baik adalah dengan menuliskan impian-impian Anda. Tulis secara pasti, apa yang Anda inginkan, apa yang ingin Anda capai. Tulis secara jelas baik dengan tahun atau waktu yang sudah menjadi target Anda. Jika sudah tempatkan impian tersebut di tempat yang sering Anda lihat, hal ini akan sangat berguna untuk menstimulus otak serta tubuh Anda mendapatkan respon agar nantinya tanpa Anda sadari Anda bisa melakukan dan mencapai apa yang Anda impikan tersebut.Dalam beberapa program, saya memberikan latihan menulis dalam jurnal harian. Menulis apa saja yang diimpikan, apa saja yang diinginkan, dan mulai merencanakan impian impian tersebut agar bisa menjadi nyata. Membuat rencana masa depan ini juga sangat berhubungan dengan hukum kompensasi energi. Anda bisa membaca referensinya di artikel saya yang terahulu : Membuat Rencana Masa Depan Berdasarkan Hukum Kompensasi.

2.     Buat skala prioritas

Langkah yang kedua untuk membuat rencana masa depan adalah dengan memprioritaskan apa yang paling penting. Anda telah memiliki beberapa target dimasa depan, untuk selanjutnya Anda harus membuat skala prioritas manakah target yang akan Anda capai dalam waktu dekat. Setidaknya Anda memiliki deadline tersendiri agar Anda tidak membuang banyak waktu.

Jika anda terbiasa melakukan Rileksasi Energi yang saya sudah saya share metodenya, maka anda juga bisa membuat skala prioritas dengan sarana memadukan Rileksasi Energi dan Menulis jurnal. Ada banyak orang yang secara tidak sadar dikendalikan oleh keinginannya sendiri. Kita bahkan tidak sadar jika hanya menuruti keinginan sesaat saja. Keinginan sesaat terhadap sesuatu ini biasanya membuat kita mati-matian berusaha memenuhinya, ketika sudah dipenuhi kita bahkan bingung sendiri, apa manfaat dari keinginan kita tersebut. Nah keinginan ini sebenarnya adalah salah satu bagian dari jiwa/hati/rohani kita. Bagian ini tidak akan bisa hilang. Kita hanya bisa menatanya saja. Jika ditata dengan baik, maka kita bisa sadar, dan setelahnya tidak dikendalikan lagi. Bahkan, Anda lah yang mengendalikan keinginan tersebut.

Daftar keinginan ini juga harus ada dalam rencana masa depan anda. Dan bagian yang tidak kalah penting adalah Mengenai Tujuan, Visi dan Misi Hidup. Kenapa bagian ini penting? Anda bisa membacanya di artikel saya berikut ini : Tujuan Hidup Manusia

Dalam jurnal, biasanya saya memberikan instruksi untuk menuliskan keinginan keinginan apa saja yang ada dalam kehidupan, kemudian kita harus memilahnya, dan membuat skala prioritas ini.
Jadi sudahkah Anda siap untuk mendesain rencana masa depan Anda ? Sudahkah Anda melakukan 2 hal diatas ? Semoga dengan adanya tips ringan dari kami bisa membuka pikiran Anda jauh lebih baik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar